Sepakbola, Olahraga Pemersatu Bangsa

AZHRI.COM - Sepak bola, olahraga yang di Brazil katanya sudah seperti layaknya agama ini kemeriahannya memang jauh diatas pertandingan lainnya. Sebagai seorang anak laki-laki yang tubuh dan dibesarkan di desa Saya pun tak luput dari pengaruh permainan yang mengandalkan kekuatan kaki ini. Jika diingat-ingat lagi, rasanya sudah sejak Taman Kanak-kanak atau bahkan malah sejah balita saya dikenalkan dengan sepak bola. Tak hanya dari orang tua, tetapi juga karena pengaruh lingkungan bermain yang rata-rata memang gemar sekali dengan olah raga ini.


Sepakbola, Olahraga Pemersatu Bangsa

Seiring waktu berjalan, saya dan teman-teman sepermainan pun mulai lebih intensif mengenal sepakbola, mulai dari serial kartun Captain Tsubasa yang setiap sore selalu diputar di televisi, hingga tayangan Serie A Liga Italia yang kerap kali menjadi tontonan kami usai mengaji. Kebiasaan ini secara tidak langsung juga mempengaruhi cita-cita dan idola waktu kecil.

Saya yang memang memiliki postur kurus dan bisa berlari diatas kecepatan rata-rata teman sebaya sehari-hari diplot sebagai penyerang yang ditempatkan diposisi sayap atau striker. Saat itu inspirasi saya adalah sosok Tsubasa Ozora dari anime Captain Tsubasa dan Alessandro Del Piero. Ironis memang, karena dulu saya sama-sekali tidak mengenal pemain sepakbola dalam negeri yang sedang tersohor. Perkenalan saya dengan para pemain Indonesia baru dimulai saat masuk era Liga Djarum dan Indonesia Super League (ISL), saya masih ingat ketika itu Persipura Jayapura menjadi klub pertama pemenang kompetisi profesional di Indonesia ini.

Dari ISL kemudian saya mulai tertarik mencermati perkembangan beberapa klub lokal, seperti PSS Sleman dan Persiba Bantul. Untuk klub kedua merupakan salah satu kesebelasan yang sampai saat ini saya dukung dan pantau perkembangannya. Pertama mengenal Persiba Bantul adalah ketika jaman masih duduk di bangku SMP. Waktu itu untuk pertama kalinya saya diajak nonton secara langsung ke stadion oleh teman sepermainan. Luar biasa rasanya, atmosfir pertandingan yang dipenuhi oleh ribuan penonton tidak bisa saya lupakan sampai sekarang.

Nah, di tahun 2018 ini Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games XVIII dimana salah satu cabang olehraga yang akan dipertandingkan merupakan sepakbola. Besar harapan saya untuk bisa menonton langsung sekaligus menjadi saksi hidup gelaran pesta olahraga terbesar se Asia tersebut. Semoga saja Tuhan memberikan jalan.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sepakbola, Olahraga Pemersatu Bangsa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel